Sistem Adalah

Sistem adalah kumpulan elemen, komponen atau subsistem yang saling berintegrasi dan berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi setiap sistem memiliki subsistem-subsistem, dan subsistem terdiri atas komponen-komponen atau elemen-elemen. Sebagai contoh, system komputer memiliki subsistem software, hardware dan pengguna (brainware). Sedangkan subsistem hardware terdiri dari subsistem peranti input, peranti proses dan peranti output.

Subsistem peranti input terdiri komponen seperti mouse, keyboard, suara dan sebagai nya. Jadi dimungkinkan bahwa di dalam subsistem terdiri dari subsistem lagi. Atau sebuah system memiliki system yang lebih besar yang dinamakan suprasistem, suprasistem dimungkinkan memiliki sisten yang lebih besar sehingga dinamakan suprasistem.

Terdapat 2 kelompok pendekatan yang digunakan dalam mendefinisikan system yaitu :

  1. Lebih menekankan pada prosedur yang digunakan dalam system dan mendefinisikan system sebagai jaringan prosedur, metode, dan cara kerja yang saling berinteraksi dan dilakukan untuk pencapaian suatu tujuan tertentu.
  2. Lebih menekankan pada elemen atau komponen penyusun system, mendefinisikan sebagai kumpulan elemen baik abstrak maupun fisik yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.
  3. Kedua definisi tersebut sangat tergantung pada pendekatan yang digunakan. Karena pada hakikatnya setiap komponen system saling berinteraksi dan untuk dapat mencapai tujuan tertentu harus melakukan prosedur, metode dan cara kerja yang juga saling berinteraksi.